Penyebab Kolam Renang Berwarna Hijau

Jernih dan berwarna kebiruan sangat menunjukan warna asli dari kolam renang yang sehat, mampu menarik siapa saja yang memandang untuk berenang dengan bayangan “betapa segarnya..!!”. Semua pemilik kolam renang sudah tentu sangat menginginkan hal tersebut, maka dari itu diadakan perawatan kolam renang secara berkala dengan harapan hasil yang maksimal.

Kolam renang dengan desain untuk umum atau untuk pribadi sistem dan perawatanya pada dasarnya sama, namun yang yang membedakan hanyalah ukuran dan volume air yang ada sehingga mempengaruhi biaya perawatan kolam tersebut. Mengetahui penyebab air kolam renang berwarna hijauadalah sudah pernah dikutip dalam artikel sebelumnya disini dan disini.

Beberapa penyebab air kolam renang berwarna hijau adalah sebagai berikut ini:

  1. Tingkat PH air kolam tidak stabil: Tingkat kelembabpan air adalah yang pertama sebagai faktor air kolam renang menjadi hijau karena apabila PH air kolam renang tidak seimbang bakteri, kuman, lumut (ganggang) mudah hidup dan berkembang biak yang diawali dengan masuknya berbagai hewan air ke dalam kolam renang.
  2. Sistem Filtrasi Gagal: Pada umumnya saat ini semua kolam renang baik pribadi maupun kolam renang umum menggunakan sistem filtrasi dan overflow. Dikatakan gagal karena kurangnya kemampuan sistem suatu kolam dengan debit air kolam yang ada, juga karena buruknya sistem pemipaan kolam renangĀ  yang menyebabkan tidak maksimalnya kinerja filtrasi.
  3. Chemical tidak tepat sasaran: Penambahan kimia dalam kolam renang sangat penting karena untuk mengendalikan semua unsur yang menyebabkan terganggunya kestabilan PH air kolam renang dan juga untuk membunuh kuman, bakteri dan lumut (ganggang) yang ada dalam air kolam renang. Sebelum penambahan kimia sebaiknya mengetahui tingkat PH dahulu supaya kimia tepat sasaran dan hemat obat yang ditambahkan.
  4. Kebersihan lanscape kolam renang: Semua sampah yang ada di sekitar kolam renang sangat berpengaruh karena dikwatirkan akan masuk ke dalam kolam renang bila teriup angin dan menyebabkan terganggunya kondisi PH air kolam renang, hal ini sangat ditekankan pada kolam renang out dor.
  5. Karena faktor cuaca: Hal ini yang memang yang harus benar-benar kita pahami cuaca yang bagaimana yang mampu mempengaruhi kondisi air kolam renang. Karena angin yang kencang membawa daun dan sampah ke dalam kolam renang yang harus segera kita bersihkan, Musim penghujan yang membawa curah hujan yang tinggi juga sangat berpengaruh terhadap kondisi air kolam renang. Hilangnya kandungan kimia kolam renang karena tergantinya air kolam renang dengan air hujan yang tidak menentu bisa bersifat asam dan bisa bersifat basa.