Lampu Kolam Renang

Seharusnya 3 jenis lampu LED yang PoolNJacuzzi jual sudah mencukupi kebutuhan lighting¬† kolam renang anda. Produk kami sudah memenuhi standar IP68 untuk kategori underwater light, yang artinya waterproof and pressure protected. Lebih dari itu, hanya dengan menambahkan transformer, maka anda bisa memiliki “Ambience Swimming Pool”. Mengganti warna air kolam renang cukup dengan sentuhan jari saja ! Itu pun melalui Remote Control sebesar 5 cm atau seukuran kartu kredit.

Berapa buah lampu led yang dibutuhkan untuk kolam renang ukuran 10X10 meter ? Jawabannya tergantung ! Karena harus memperhitungkan bentuk kolam renang, lokasi dan tujuan yang ingin dicapai. Jumlah lampu yang dibutuhkan untuk tujuan penerangan kolam renang saja jelas berbeda jika anda juga bermaksud mempercantik pelatarannya. Sebelum melangkah lebih jauh lagi mari kita belajar mengenai Lumens dan Watt.

Konsep lama kita tentang penerangan adalah watt. Lampu dengan watt besar pasti lebih terang daripada lampu watt kecil. Dan sekarang ini kita sudah menggunakan jenis lampu CFL untuk penerangan sehari-harinya. CFL adalah kependekan dari Compact Fluorscent Lamp/Light. Bentuknya ada yang spiral dan ada yang tube. Teknologi CFL ini menggantikan teknologi Incandescent Lamp yang dulu dipakai oleh orang tua kita. Bentuknya bulat dan kelihatan rangkaian lampunya. Kita biasa menyebut lampu ini dengan bola lampu atau bulb lamp dalam bahasa Inggrisnya. Dan merk lampu yang terkenal waktu itu adalah Chiyoda…^-^

Energy Efficiency adalah persentase perubahan energi listrik menjadi energi cahaya. Bholam lampu memiliki energy efficiency sebesar 10% saja. Artinya, 90% sisanya terbuang begitu saja. Teori Bulb lamp adalah memanaskan elemen sedemikian rupa sehingga menghasilkan sinar. Jadi, 100 watt energi listrik yang disedot, 90 watt digunakan untuk memanaskan dan hanya 10 watt saja yang digunakan untuk menghasilkan 1.800 lumens.  Boros energi ? Tidak juga jika dibandingkan dengan jaman dahulu kala. Tetapi jika dibandingkan dengan teknologi masa kini, itu namanya pemborosan yang tidak masuk akal !

Perubahan teknologi harus diikuti dengan perubahan pola pikir juga. Jika anda tidak mau berubah, itu kesalahan yang fatal ! Akibatnya anda tidak bekerja dengan efektif dan tidak menggunakan energi secara efisien. Jangan menggunakan konsep watt lagi untuk memilih lampu kolam renang terbaik, tetapi gunakan konsep lumens.

Lumens adalah tingkat kecerahan suatu sumber cahaya. Entah itu lilin, lampu atau matahari. Sebagai contoh, siang hari dimana cuaca cerah dan terdengar kicauan burung yang menentramkan hati. Pandangan kita jelas, bahkan di tempat tergelap pun kita masih bisa melihat detailnya maka tingkat kecerahannya adalah 10.000 lumens. Kalau langit agak mendung sedikit jadi 5.000 lumens. Atau lihatlah lampu CFL 14 watt di ruang tamu anda, itu 800 lumens.